Puji syukur kehadiat Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan karuniaNya kami bisa menyelesaikan Laporan ini dengan baik dan tepat waktu.Saya menyadari laporan ini jauh dari sempurna.Maka dari itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan nya laporan ini.
Berkaitan dengan pembuatan laporan ini Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyusunan laporan ini,
Demikian kata pengantar ini saya buat, semoga dapat bermanfaat khususnya bagi diri pribadi dan pembaca pada umumnya.
Kegiatan kunjungan studi ini diadakan betujuan untuk mengenalkan tentang Pt.Telkom kepada Mahasiswa
Pengisi materi
1.Arif Setiyabudi (Telkom Indonesia)
2.Erid Ardian (Telkomsel)
11.00 Sesi tanya Jawab
11.30 Penutup
2.3 Materi Kunjungan
Pembicara 1 : Arif Setiyabudi ( Telkom Indonesia)
Materi :
Pt.Telekomunikasi Indonesia Tbk atau yang biasa disebut Telkom Saja adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia.Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia,dengan pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta.
Telkom merupakan salah satu BUMN yang saham terbesarnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.telkom melayanii jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian layanan telekomunikasi yang lengkap yang mencakup sambungan kabel tidak bergerak,komunikasi seluler,layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data.telkom juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi,media danedutainment,termasuk cloud-based and server-based dan IT enabler,e-comerce dan layanan portal lainya.
Berikut penjelasan portofolio bisnis Telkom :
Telecommunication
Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service(POTS), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data,broadband,satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta korporasi.
Information
Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (NEB). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (VAS) danManaged Application/IT Outsourcing (ITO), e-Payment dan IT enabler Services(ITeS).MediaMedia merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free to Air(FTA) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.
Edutainment
Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring back tone(RBT), SMS Content, portal dan lain-lain.
Services
Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portofolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME,Enterprise, Wholesale, dan Internasional.Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkom Group terus mengupayakan inovasi di sektor-sektor selain telekomunikasi, serta membangun sinergi di antara seluruh produk, layanan dan solusi, dari bisnis legacy sampai New Wave Business. Untuk meningkatkan business value, pada tahun 2012 Telkom Group mengubah portofolio bisnisnya menjadi TIMES (Telecommunication, Information, Media Edutainment & Service). Serta untuk mendukung pengembangan bisnis, Telkom terus bertumbuh baik secara organik maupun non-organik. Pertumbuhan secara organik dilakukan dengan ekspansi divisi-divisi yang ada dan sinergi di antara entitas anak. Sementara pertumbuhan secara non-organik dicapai melalui aksi korporasi berupa akuisisi terhadap perusahaan yang diharapkan mampu memberikan nilai tambah kepada seluruh jajaran Telkom Group dan berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan kelangsungan bisnis.
Tabel berikut ini menyajikan struktur perusahaan, termasuk kepemilikan langsung dan tidak langsung di berbagai entitas anak per 31 Desember 2013.


PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) terus berinovasi dengan melakukan lompatan teknologi dari layanan triple play (memadukan layanan telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi, dan Internet Protocol Television/IPTV) menjadi quadraple play (layanan triple play ditambah layanan nirkabel (wireless) baik selular maupun WiFi.
Telkom menyediakan tiga paket layanan alias triple play, tapi nantinya menjadi quadraple play, bahkan kelak
harus siap mengembangkan delapan layanan dalam satu paket atau octuple play.
paket quadraple play diberikan melalui layanan IndiHome yang mendukung sepenuhnya perkembangan gaya hidup dan kebutuhan pelanggan, di mana desain layanan triple playditambah berbagai fasilitas wifi, selular, digital music, automation selanjutnya menjadii octuple play.di segmen fixed broadband yang mengandalkan akses dengan serat optik, awalnya dikenalkan layanan triple play atau tiga layanan dalam satu paket, yaitu telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi dan televisi, khususnya IPTV alias Internet Protocol Television.
Komponen pertama dari layanan Indihome adalah akses internet kecepatan tinggi dengan dukungan jaringan fiber optik. Komponen kedua layanan Indihome adalah televisi, dimana terdapat total 99 channel, termasuk channel favorit seperti BeIN 1, BeIN 2, BeIN 3 untuk penggemar olahraga dan HBO, HBO Hits, Fox Movies Premium untuk penggemar film dan masih banyak lagi.
Komponen ketiga adalah layanan telepon rumah dengan konsep baru yang lebih fleksibel, memberikan manfaat lebih dan hemat bagi pelanggan, di mana pelanggan bebas melakukan panggilan telepon rumah baik lokal maupun interlokal dengan kuota sebanyak 1.000 menit per bulan.
Keempat, layanan telekomunikasi nirkabel seluler yang ditawarkan kepada pelanggan dalam dua jenis layanann yaitu Kartu Halo Telkomsel spesial untuk pelanggan Indihome dan panggilan unlimited dari telepon rumah ke nomor Telkomsel.
Kelima, akses internet wifi di seluruh jaringan Indonesia Wifi atau wifi.id yang kini telah memiliki lebih dari 100.000 access point yang tersebar di seluruh Indonesia. Akses internet unlimited di jaringan wifi.id tersebut dapat dinikmati hanya dengan Rp10.000 per bulan khusus untuk pelanggan IndiHome.
Keenam, adalah layanan digital music bagi pelanggan Indihome juga bebas streaming musik selama 12 bulan dan mendapatkan gratis perlindungan antivirus Trend Micro selama tiga bulan. Streaming musik disediakan oleh Melon (melon.co.id) yang mempunyai lebih dari 10 juta lagu. Bagi pelanggan berminat, tersedia pilihan bebas download secara add on.
Ketujuh, adalah layanan panggilan langsung internasional atau global call. Paket layanan Global Call disediakan dalam lima jenis agar pelanggan bisa memilih sesuai dengan negara tujuan favoritnya masing-masing. Sebagai contoh paket Global 1, dengan negara tujuan USA, Kanada, Tiongkok, Hong Kong, Korea Selatan, cukup dengan Rp 50.000 bisa melakukan panggilan selama 100 menit dalam kurun waktu satu bulan.
Komponen kedelapan dari Indihome adalah home automation, yang dikembangkan untuk memberikan kenyamanan di rumah bagi pelanggan Indihome. Salah satu bentuk layanannya adalah surveillance camera yang berbasis koneksi internet, sehingga bisa dipantau dari berbagi lokasi menggunakan aplikasi mobile.
Visi dan Misi
Visi : ”Be The King of Digital in The Region”
Misi : “Lead Indonesian Digital Innovation and Globalization”
Corporate Culture : The Telkom Way
Basic Belief : Always The Best
Core Values : Solid, Speed, Smart
Key Behaviours : Imagine, Focus, Action
Inisiatif Strategis
1. Pusat keunggulan.
2. Fokus pada portofolio dengan pertumbuhan atau value yang tinggi.
3. Percepatan ekspansi internasional.
4. Transformasi biaya.
5. Pengembangan IDN (id-Access, id-Ring,id-Con).
6. Indonesia Digital Solution (IDS) – layanan konvergen pada solusi ekosistem digital.
7. Indonesia Digital Platform (IDP) –platform enabler untuk pengembangan ekosistem.
8. Eksekusi sistem pengelolaan anak perusahaan terbaik
9. Mengelola portofolio melalui BoE dan CRO.
10. Meningkatkan sinergi di dalam Telkom Group.
Pembicara 2 : Erid Ardian (Telkomsel)
Materi:
PT Telkomsel merupakan anak perusahaan dari telkom group.Telkomsel sendiri adalah pencipta provider GSM pertama di ASIA,dan merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Replubik Indonesia
Sekarang telkomsel bukan hanya operaor seluler.melalui inovasinya telkomsel meluncurkan layanan uang elektronik yang dinamai T-Cash.layanan ini dapat menyimpan uang dan menggunakanya di semua transaksi yang sudah bekerjasama dengan telkomsel.dengan adanya layanan ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi apapun.
Layanan T-Cash hanya dapat dinikmati oleh para pengguna kartu SIM HALO, simPATI, dan AS. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan menghubungi *800# atau mengirimkan SMS ke 2828 lalu pelanggan akan menerima 6 digit nomor PIN yang selanjutnya akan digunakan untuk bertransaksi. Lalu, untuk pengisian saldo T-Cash dapat dilakukan di GraPARI, GeraiHALO, ATM BNI, Indomaret, dan Akses+ BPR KS. Jumlah saldo yang dapat disimpan dapat mencapai nominal Rp 5 juta.
Terdapat dua macam tipe layanan di dalam T-Cash yaitu tipe layanan dasar (basic service) dan layanan penuh (full service). Layanan dasar adalah segala jenis fasilitas transaksi dasar seperti transaksi daring atau pembayaran tagihan dan belanja. Lalu, layanan penuh adalah pelayanan dasar ditambah dengan layanan tarik tunai, dan layanan ini diperuntukan bagi pelanggan yang mendaftar ke GraPARI dengan data pribadi yang lengkap.
Karena inovasinya yang sangat bagus, Telkomsel kini menjadi kartu provider favorit masyarakat Indonesia karena jangkauan yang luas dan mendapatkan kerja sama dari Apple South Asia Ltd untuk meluncurkan iPhone 3G. Sangatlah kita bangga atas kerja keras PT Telkomsel ini sehingga dapat mewakili nama Indonesia memiliki perusahaan telekomunikasi yang terbaik.