Operator merupakan simbol atau karakter yang biasa dilibatkan dalam program, yang digunakan untuk melakukan sesuatu operasi atau manipulasi, seperti penjumlahan, pengurangan dan lain-lain.
Operator mempunyai sifat sebagai berikut:
• Unary
Sifat Unary pada operator adalah hanya melibatkan sebuah operand pada suatu operasi aritmatik
Contoh : -5
• Binary
Sifat Binary pada operator adalah melibatkan dua buah operand pada suatu operasi aritmatik
Contoh : 4 + 8
• Ternary
Sifat Tenary pada operator adalah melibatkan tiga buah operand pada suatu operasi aritmatik
Contoh :
(10 % 3) + 4 + 2
A. Operator Aritmatika
Operator untuk operasi aritmatika yang tergolong sebagai operator binary adalah:
Operator yang tergolong sebagai operator Unary, adalah:
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
int x,y, a=0, b=0, c = 0, d = 0;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai A : "; cin>>x;
cout<<"Masukan Nilai B : "; cin>>y;
a=x+y; c = x% y;
b=x-y; d = x * y;
printf(“Hasil Dari A= X + Y= %i \n” , a);
printf(“Hasil Dari B=X - Y= %i \n”,b)
cout<<" Hasil dari C = X % Y = "<<c<<endl;
cout<<" Hasil dari D = X * Y = "<<d<<endl;
getch( );
}
B. Operator Pemberi Nilai Aritmatika
Sebelumnya kita telah mengenal operator pemberi nilai (assignment operator) yaitu tanda “ = “. Sebagai contoh penggunaan operator pemberi nilai A=A + 1.
Dari penulisan ekspresi diatas, Borland C++ dapat menyederhanakan menjadi A +=1 Notasi “ += “ ini dikenal dengan operator pemberi nilai aritmatika. Ada beberapa operator pemberi nilai aritmatka diantaranya:
C. Operator Penambah dan Pengurang
Masih berkaitan dengan operator pemberi nilai, Borland C++ menyediakan operator penambah dan pengurang. Dari contoh penulisan operator pemberi nilai sebagai penyederhanaannya dapat digunakan operator penambah dan pengurang.
A = A + 1 atau A = A - 1;disederhanakan menjadi A ++ atau A--Operator “ ++ “ atau “ -- “ dapat diletakan didepan atau di belakang
variabel.
Keterangan :
1. Penambahan: menambahkan 1 ke nilai variable, prefix (++A) atau postfix (A ++)
2. Pengurangan: mengurangkan 1 ke nilai variabel, prefix (--A) atau postfix (A --)
Kedua bentuk penulisan operator ini mempunyai arti yang berbeda.
• Jika diletakan didepan variabel, maka proses penambahan atau pengurangan akan dilakukan sesaat sebelum atau langsung pada saat menjumpai ekspresi ini, sehingga nilai variabel tadi akan langsung berubah begitu ekspresi ini ditemukan, sedangkan
• Jika diletakan dibelakang variabel, maka proses penambahan atau pengurangan akan dilakukan setelah ekspresi ini dijumpai atau nilai variabel akan tetap pada saat ekspresi ini ditemukan.
Contoh Penambahan:
int x=5;
y = ++x;
(nilai saat ini: y = 6, x=6)
int x=5;
y = x++;
(nilai saat ini : y = 5, x=6)
Pengurangan:
int x=5;
y = --x;
(nilai saat ini: y = 4, x=4)
int x=5;
y = x--;
(nilai saat ini: y = 5, x=4)
D. Operator Relasi
Operator Relasi digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Hasil perbandingan operator ini menghasilkan nilai numerik 1 (True) atau 0 (False).
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
float a, b, c, d, e, f, x, y;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai X = "; cin>>x;
cout<<"Masukan Nilai Y = "; cin>>y;
a = x = = y;
b = x != y;
c = x > y;
d = x < y;
e = x >= y;
f = x <= y;
cout<<endl;
cout<<"Hasil dari "<<x<<" == "<<y<<" = "<<a<<endl;
cout<<"Hasil dari "<<x<<" != "<<y<<" = "<<b<<endl;
cout<<"Hasil dari "<<x<<" > "<<y<<" = "<<c<<endl;
cout<<"Hasil dari "<<x<<" < "<<y<<" = "<<d<<endl;
cout<<"Hasil dari "<<x<<" >= "<<y<<" = "<<e<<endl;
cout<<"Hasil dari "<<x<<" <= "<<y<<" = "<<f<<endl;
getch( );
}
E. Operator Logika
Operator Relasi digunakan untuk menghubungkan dua buah operasi relasi menjadi sebuah ungkapan kondisi. Hasil dari operator logika ini menghasilkan nilai numerik 1 (True) atau 0 (False).
1.) Operator Logika AND
Operator logika AND digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih ekspresi relasi, akan dianggap BENAR, bila semua ekspresi relasi yang dihubungkan bernilai BENAR.
Contoh :
/* Penggunaan Operasi Logika AND */
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main( )
{
float a, b, c, d, e, f, g, h;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai A = "; cin>>a;
cout<<"Masukan Nilai B = "; cin>>b;
cout<<"Masukan Nilai C = "; cin>>c;
// Proses
d = a + 4 < 10;
e = b > a + 5;
f = c - 3 >= 4;
g = d && e && f;
cout<<endl<<endl;
cout<<"Program Ekspresi AND"<<endl<<endl;
cout<<"Hasil dari d = a + 4 < 10 adalah " <<d<<endl;
cout<<"Hasil dari e = b > a + 5 adalah " <<e<<endl;
cout<<"Hasil dari f = c - 3 >= 4 adalah " <<f;
cout<<endl<<endl;
cout<<"Hasil dari g = d && e && f adalah " <<g;
cout<<endl;
getch( );
}
2.) Operator Logika OR
Operator logika OR digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih ekspresi relasi, akan dianggap BENAR, bila salah satu ekspresi relasi yang dihubungkan bernilai BENAR dan bila semua ekspresi relasi yang dihubungkan bernilai SALAH, maka akan bernilai SALAH.
Contoh logika OR:
/* Penggunaan Operasi Logika OR */
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main()
{
float a, b, c, d, e, f, g, h;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai A = "; cin>>a;
cout<<"Masukan Nilai B = "; cin>>b;
cout<<"Masukan Nilai C = "; cin>>c;
d = a + 5 > 10;
e = b > 5 + a ;
f = c - 4 <= 7;
g = d || e || f;
cout<<endl<<endl>;
cout<<"Program Ekspresi AND"<<endl<<endl;
cout<<"Hasil dari d = a + 5 > 10 adalah " <<d<<endl;
cout<<"Hasil dari e = b > 5 + a adalah " <<e<<endl;
cout<<"Hasil dari f = c - 4 <= 7 adalah " <<f;
cout<<endl<<endl;
cout<<"Hasil dari g = d || e || f adalah " <<g;
cout<<endl;
getch( );
}
Contoh Logika AND-OR :
/* Penggunaan Operasi Logika AND OR*/
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main( )
{
float a, b, c, d, e, f, g, h;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai A = "; cin>>a;
cout<<"Masukan Nilai B = "; cin>>b;
cout<<"Masukan Nilai C = "; cin>>c;
// Proses
d = a + 4 < 10;
e = b > a + 5;
f = c - 3 >= 4;
g = d && e && f;
cout<<endl<<endl;
cout<<"Program Ekspresi AND / OR"<<endl<<endl;
cout<<"Hasil dari d = a + 4 < 10 adalah " <<d<<endl;
cout<<"Hasil dari e = b > a + 5 adalah " <<e<<endl;
cout<<"Hasil dari f = c - 3 >= 4 adalah " <<f;
cout<<endl<<endl;
cout<<"Hasil dari g = d || e && f adalah " <<g;
cout<<endl;
getch( );
}
3.) Operator Logika NOT
Operator logika NOT akan memberikan nilai kebalikkan dari ekspresi yang disebutkan. Jika nilai yang disebutkan bernilai BENAR maka akan menghasilkan nilai SALAH, begitu pula sebaliknya.
Contoh :
Ekspresi Relasi A + 4 < 10
Penggunaan Operator Logika NOT diatas menjadi;
!(A+4 < 10)
Jika nilai A = 3; maka ekspresi tersebut mempunyai nilai:
• Ekspresi Relasi-1 A + 4 < 10 3 + 4 < 10 BENAR
Dilihat ekspresi diatas salah satu ekspresi tersebut mempunyai nilai BENAR dan jika digunakan operator logika NOT, maka ekspresi tersebut akan bernilai SALAH
!(A+4 < 10) !(BENAR)= SALAH = 0
Contoh Logika NOT :
/* Penggunaan Operasi Logika NOT */
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include<iostream.h>
main( )
{
int a, b, c;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai A = ";
cin>>a;
/* Proses */
b = (a + 4 < 10);
c = !(b);
cout<<endl<<"Program Ekspresi NOT "<<endl;
cout<<"Nilai A = "<<a<<endl;
cout<<"Nilai b = (a + 4 < 10) = "<<b<<endl;
cout<<"Nilai c = !(b) = "<<c;
getch( );
}
F. Operator Bitwise
Operator Bitwise digunakan untuk memanipulasi data dalam bentuk bit. Borland C++ menyediakan enam buah operator bitwise.
1.) Operator Bitwise << (Shift Left)
Operator Bitwise Shift Left digunakan untuk menggeser sejumlah bit kekiri.
Contoh :
Contoh :
#include<iostream.h>
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
main()
{
int x;
clrscr();
cout<<"Masukan Nilai X = ";
cin>>x;
cout<<"Nilai Awal : "<<x<<endl;
x = x << 1;
cout<<"Hasil dari Geser 1 Bit Kekiri = "<<x<<endl; getch();
}
2.) Operator Bitwise >> (Shift Right)
Operator Bitwise Shift Right digunakan untuk menggeser sejumlah bit kanan.
Contoh :

Contoh :
#include<iostream.h>
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
void main( )
{
int x;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai X = ";
cin>>x;
cout<<” Nilai Awal : “<<x<<endl;
x = x >> 1;
cout<<"Hasil dari Geser 1 Bit Kekiri = "<<x<<endl;
getch( );
}
3. Operator Bitwise & (And)
Operator Bitwise & ( And ) digunakan untuk membandingkan bit dari dua operand. Akan bernilai benar (1) jika semua operand yang digabungkan bernilai benar (1).
Berikut dapat dilihat ilustrasi untuk membandingkan bit dari 2 operand.
Contoh :
Contoh :
#include<iostream.h>
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
void main( )
{
int a, x, y;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai X = ";
cin>>x;
cout<<"Masukan Nilai Y = ";
cin>>y;
a = x & y;
cout<<’\n’;
cout<<"Hasil dari "<<x<<" & "<<y<<" = "<<a<<endl;
getch( );
}
4. Operator Bitwise | ( Or )
Operator Bitwise | ( Or ) digunakan untuk membandingkan bit dari dua operand. Akan bernilai benar jika ada salah satu operand yang digabungkan ada yang bernilai benar (1). Berikut dapat dilihat ilustrasi untuk membandingkan bit dari 2 operand.
Contoh :
Contoh :
#include<iostream.h>
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
void main( )
{
int a, x, y;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai X = ";
cin>>x;
cout<<"Masukan Nilai Y = ";
cin>>y;
a = x | y;
cout<<’\n’;
cout<<"Hasil dari "<<x<<" | "<<y<<" = "<<a<<endl;
getch( );
}
5.) Operator Bitwise ^ ( eXclusive Or )
Operator Bitwise ^ ( XOr ) digunakan untuk membandingkan bit dari dua operand. Akan bernilai benar (1) jika dari dua bit yang dibandingkan hanya sebuah bernilai benar (1).
Berikut dapat dilihat ilustrasi untuk membandingkan bit dari 2 operand.
Contoh :

Contoh:
#include<iostream.h>
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
void main( )
{
int a, x, y;
clrscr( );
cout<<"Masukan Nilai X = ";
cin>>x;
cout<<"Masukan Nilai Y = ";
cin>>y;
a = x ^ y;
cout<<’\n’;
cout<<"Hasil dari "<<x<<" ^ "<<y<<" = "<<a<<endl;
getch( );
}
5. Operator Bitwise ~ ( Not )
Operator Bitwise ~ ( Not ) digunakan membalik nilai bit dari suatu operand.
Berikut dapat dilihat ilustrasi untuk membandingkanbit dari 2 operand.

Contoh :

Contoh :
#include<iostream.h>
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
void main()
{
int a, x, y;
clrscr();
cout<<"Masukan Nilai X = ";
cin>>x;
a = ~x;
cout<<’\n’;
cout<<"Hasil dari ~"<<x<<" = "<<a<<endl;
getch();
}
F. Operasi String
Operasi string selalu dijumpai didalam bahasa pemrograman, dikarenakan hampir semua bahasa pemrograman menggunakan manual inputnya adalah string, terutama pada pemrograman visualisasi. Pada bab ini akan dibahasa beberapa perintah dan fungsi string.
1.) Fungsi Manipulasi String
Borland C++ menyediakan beberapa fungsi yang digunakan untuk keperluan menipulasi string, diantaranya:
a. Fungsi strcat( )
Fungsi ini digunakan untuk menambahkan string sumber kebagian akhir dari string tujuan. File header yang harus disertakan adalah string.h dan ctype.h
Bentuk Penulisan:
strcat(tujuan, sumber);
Contoh :
#include <string.h>
#include <ctype.h>
#include <iostream.h>
main()
{
char a1[20];
char a2[20];
clrscr();
cout<<"Masukkan Kata - 1= ";
cin>>a1;
cout<<"Masukkan Kata - 2= ";
cin>>a2;
strcat(a1, a2);
cout<<"Hasil Penggabungannya "<<a1;
getch();
}
b. Fungsi strcmp( )
Fungsi ini digunakan untuk membandingkan string pertama dengan string kedua. Hasil dari fungsi ini bertipe data integer (int). File header yang harus disertakan adalah string.h
Bentuk Penulisan :
var_int = strcmp(str1, str2);
Contoh :
#include <string.h>
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
main( )
{
char a1[ ] = "BSI";
char a2[ ] = "Bsi";
char b1[ ] = "BSI";
clrscr( );
cout<<"Hasil Perbandingan "<<a1<<" dan "<<a2<<"->";
cout<<strcmp(a1,a2)<<endl;
cout<<"Hasil Perbandingan "<<a2<<" dan "<<a2<<"->";
cout<<strcmp(a2,a1) <<endl;
cout<<"Hasil Perbandingan "<<a1<<" dan "<<b1<<"->";
cout<<strcmp(a1,b1) <<endl;
getch( );
}
c. Fungsi strcpy( )
Fungsi ini digunakan untuk menyalin string asal ke-variabel string tujuan, dengan syarat string tujuan harus mempunyai tipe data dan dan ukuran yang sama dengan string asal. File header yang harus disertakan adalah string.h.
Bentuk Penulisan :
strcpy(tujuan, asal);
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
char huruf[20];
char pindah[20];
clrscr( );
cout<<"Masukkan Sembarang Kata = ";
gets(huruf);
/* Proses */
strcpy(pindah, huruf);
cout<<"Pemindahannya = "<<pindah;
getch( );
}
d. Fungsi strlen( )
Fungsi ini digunakan untuk memperoleh banyaknya karakter dalam string. File header yang harus disertakan adalah string.h
Bentuk Penulisan :
strlen(str);
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
char huruf[20];
char pindah[20];
clrscr( );
cout<<"Masukkan Sembarang Kata = ";
gets(huruf);
cout<<"Panjang Kata Yang Diinputkan = ";
cout<<strlen(huruf);
getch( );
}
e. Fungsi strrev( )
Fungsi ini digunakan untuk membalik letak urutan pada string. String urutan paling akhir dipindahkan keurutan paling depan dan seterusnya. File header yang harus disertakan adalah string.h
Bentuk Penulisan :
strrev(str);
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
char kata[20];
clrscr();
cout<<"Masukan Sembarang Kata = ";
gets(kata);
strrev(kata);
cout<<"Hasil Perubahan = "<<kata;
getch( );
}
2.) Fungsi Konversi String
Borland C++ 5.02 menyediakan beberapa fungsi yang digunakan untuk keperluan konfersi string.
a. Fungsi atof( )
Fungsi ini digunakan untuk mengubah string (teks) angka menjadi bilangan numerik float. File header yang harus disertakan adalah math.h
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
char kata[20];
float angka, a, b;
clrscr( );
cout<<"Masukan Sembarang Kata berupa angka = ";
gets(kata);
angka = atof(kata);
a = angka + 5;
cout<<"Hasil Perubahan ditambah dengan 5 = "<<a;
getch( );
}
b. Fungsi atoi( )
Fungsi ini digunakan untuk mengubah string (teks) angka menjadi bilangan numerik integer. File header yang harus disertakan adalah stdlib.h
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <stdlib.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
char kata[20];
float angka, a, b;
clrscr( );
cout<<"Masukan Sembarang Kata berupa angka = ";
gets(kata);
angka = atoi(kata);
a = angka + 5;
cout<<"Hasil Perubahan ditambah dengan 5 = "<<a;
getch( );
}
c. Fungsi atol( )
Fungsi ini digunakan untuk mengubah string (teks) angka menjadi bilangan numerik long integer. File header yang harus disertakan adalah stdlib.h
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <stdlib.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
char kata[20];
float angka, a, b;
clrscr( );
cout<<"Masukan Sembarang Kata berupa angka = ";
gets(kata);
angka = atol(kata);
a = angka + 2500;
cout<<"Hasil Perubahan ditambah dengan 2500 = "<<a;
getch( );
}
d. Fungsi strlwr( )
Fungsi ini digunakan untuk mengubah setiap huruf kapital ( huruf besar ) dalam string menjadi huruf kecil. File header yang harus disertakan adalah string.h
Bentuk Penulisan :
strlwr(str);
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
char kata[20];
clrscr( );
cout<<"Masukan Sembarang Kata dengan Huruf Besar =";
gets(kata);
strlwr(kata);
cout<<"Hasil Perubahan = "<<kata;
getch( );
}
e. Fungsi strupr( )
Fungsi ini digunakan untuk mengubah setiap huruf kecil dalam string menjadi huruf kapital ( huruf besar ). File header yang harus disertakan adalah string.h
Bentuk Penulisan :
strupr(str);
Contoh :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
#include <iostream.h>
main( )
{
char kata[20];
clrscr( );
cout<<”Masukkan Sembarang Kata dengan Huruf Besar: ”;
gets(kata);
strupr(kata);
cout<<”Hasil Perubahan : ”<<kata<<endl;
getch( );
}