Setelah memahami cara memasukan satu karakter melalui keyboard, maka pada sub bab ini akan dipelajari cara memasukan string menggunakan keyboard. Fungsi getKey dan getSpecialKey langsung mengembalikan nilai dari tombol yang ditekan tanpa menunggu penekanan tombol ENTER dan tidak menggeser posisi kursor ke sebelah kanan. Pada fungsi untuk memasukan rangkaian karakter berikut ini akan digunakan pustaka class screen.cpp untuk mengetahui letak kursor, memindahkan posisi kursor dan mencetak karakter.
Beberapa hal lain yang harus diperhatikan pada fungsi untuk memasukan string adalah sebagai berikut :
1. Tombol-tombol khusus seperti Esc, F1 s.d F12, Fn, CTRL, ALT, Page Up, Page Down,
tombol tanda panah, Home, End, Ins, Del dan Break tidak dapat ditampilkan dan tidak dapat digunakan.
2. Tombol backspace akan menghapus satu karakter disebelah kiri, jika karakter pertama sudah terhapus maka tombol tidak berfungsi.
3. Karakter yang bisa dimasukan adalah karakter alphanumerik, simbol-simbol dan spasi.
Karakter tab akan dianggap sebagai spasi.
4. Jumlah karakter yang dapat dimasukan harus dibatasi. Tombol ENTER tidak akan
disimpan dan digunakan sebagai tanda bahwa string telah selesai dimasukan.
5. String pada bahasa pemrograman C/C++ adalah rangkaian karakter dalam bentuk
ASCIIZ (ASCII plus Zero atau null terminated string).
Setelah memahami ide dasar memasukan rangkaian karakter, project contoh13.ide berikut ini akan memberikan contoh bagaimana menerapkan ide tersebut menggunakan teknik inline assembly. Project ini akan menggunakan pustaka class screen.cpp, jadi simpanlah kode program contoh13.cpp pada direktori yang sama dengan screen.cpp.
Pada program contoh13.cpp, fungsi yang digunakan untuk memasukan string adalah fungsi getString. Fungsi getString menerima tiga parameter, yaitu scr dengan tipe data Screen yang dikirimkan secara referensi, str dengan tipe data unsigned character yang dikirimkan secara referensi dan parameter max dengan tipe data unsigned character yang dikirimkan secara nilai. Parameter scr digunakan untuk mengetahui posisi kursor dan
memindahkan posisi kursor pada mode layar yang digunakan serta menampilkan karakter yang diketikan melalui keyboard. Parameter str adalah pointer karakter yang digunakan untuk menunjukan alamat memori dimana karakter-karakter yang dimasukan melalui keyboard disimpan dalam memori. Sedangkan parameter max digunakan untuk menentukan banyaknya karakter yang bisa dimasukan.
Title :
Pertemuan IX : Memasukan String Menggunakan Keyboard
Description : Setelah memahami cara memasukan satu karakter melalui keyboard, maka pada sub bab ini akan dipelajari cara memasukan string menggunakan key...
Rating :
5